Note

Tutorial Cara Membuat Website - Langkah-langkah untuk Pemula

Tutorial Cara Membuat Website - Langkah-langkah untuk Pemula

Ingin membangun sebuah website? Anda telah datang ke tempat yang tepat. Tutorial ini akan menunjukkan bagaimana membuat website dan apa saja yang dibutuhkan dalam membangun situs web untuk pemula dan orang awam, dan akan membawa Anda langkah demi langkah melalui seluruh proses dimulai dari awal, berikut ini step-stepnya:

1. Menetapkan Ide

Proses pertama adalah menuangkan ide-ide apa saja yang ingin ditampilkan pada sebuah web, Anda dapat membuat apa saja pada situs yang akan dibuat dan semuanya akan lebih mudah dan jelas jika Anda telah mengetahui tujuan membangun website. Dapat berupa Blog, situs toko online, forum, atau bahkan social media seperti facebook. Apapun idenya akan lebih baik jika Anda membuat framenya menggunakan kertas dan pulpen, gambarlah apa saja yang diinginkan pada website.

2. Menyiapkan Script

Untuk menciptakan sebuah website tidak perlu harus bisa bahasa HTML, karena saat ini telah banyak tools aplikasi penerjamah yang dapat digunakan, namun jika memahami bahasa HTML akan lebih mudah dalam membangun website, maka sebaiknya Anda mengetahui dasar-dasar HTML dan CSS bahkan jika ingin menggunakan DreamWeaver atau template WordPress akan lebih baik jika mengetahui dasar-dasar HTML.

Setelah memahami dasar membuat situs, maka dibutuhkan keputusan apakah akan menggunakan hard code atau menggunakan software website builder, jika menggunakan hard code akan memberikan kontrol lebih besar atas bagaimana halaman akan tampak, namun akan banyak memakan waktu, sebaliknya dengan menggunakan perangkat lunak membangun website umumnya jauh lebih mudah dan lebih cepat, tetapi tidak memberikan kontrol kebebasan dalam menentukan situs.

Jika Anda membayangkan sebuah website yang kompleks seperti katakanlah, sebuah situs e-commerce dengan gerobak belanja dan daftar wishlist, maka pilihan yang cerdas untuk menggunakan sebuah program yang membantu menghasilkan beberapa kode daripada harus menulis segala sesuatunya sendiri. Berikut ini adalah beberapa perangkat lunak yang terbaik untuk membangun website.

Website Builder Services - Memudahkan membangun website dengan mudah dan membuat situs yang good looking hanya dengan beberapa menit, namun biasanya menyediakan akses ke halaman melalui parent domain. Ini bagus karena Anda tidak perlu membayar apapun untuk sewa hosting, tapi ini bukan cara yang paling profesional untuk melakukan bisnis Anda. Namun layanan tertentu, seperti Weebly misalnya, menawarkan Opsi berbayar yang akan menghapus parenting domain dari URL. Ini akan menjadi pilihan yang baik jika Anda hanya akan membuat landing page atau portofolio online.

  • Weebly
  • Blogspot
  • Wix
  • Moonfruit
  • Zoho Site Builder
     

Editor teks - Terdapat banyak program yang mempunyai fitur-fitur lengkap diluaran sana, namun jika Anda sedang mencari tempat yang baik untuk berlatih menulis HTML, dapatkanlah program yang sama seperti dilist dibawah ini:

  • Coda 2 (mac)
  • Sublime Text (windows)
  • Markable (web)
  • AmyEditor (web)
     

WYSIWYG Editor - Program dibawah ini adalah beberapa contoh yang bagus dari WYSIWYG (what you see is what you get) HTML editors. Software ini memungkinkan Anda untuk mengedit situs Anda melalui antarmuka visual yang sederhana:

  • DreamWeaver
  • KompoZer
  • Flux
  • Microsoft Expression Web
     

WordPress - WordPress adalah platform penerbitan dan sistem manajemen konten, semua dibundel menjadi satu, sehingga sangat bagus untuk siapapun yang ingin membuat situs dengan konten yang banyak. Super mudah digunakan, terdapat miliaran tema berbeda yang dapat Anda beli untuk memberikan tampilan situs yang manis, dan terdapat banyak plugin digunakan untuk memberikan situs Anda lebih berfungsi. Berikut terdaftar beberapa tempat yang baik untuk menemukan tema dan plugin.

  • DT roundup: Best WordPress Plugins
  • WordPress Themes Directory (gratis)
  • WordPress Plugins Directory (gratis)
  • Themeforest WP Themes (berbayar)
  • Codecanyon WP Plugins (berbayar)
     

3. Daftarkan Domain

Pendaftaran nama domain agar situs Anda berjalan di Web, maka perlu mendaftarkan domain, dapat dilakukan sebelum atau setelah membuat situs, ini adalah nama yang ingin Anda berikan ke website Anda. Sebagai contoh, nama domain situs web yang Anda baca adalah "lingkar9.com". Untuk mendapatkan nama domain, Anda harus membayar biaya tahunan. Pastikan untuk membeli nama domain yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

4. Membeli Hosting

Pendaftaran nama domain dan Hosting terhubung dengan erat, dan banyak layanan yang menawarkan dibundel bersama, namum ini tidaklah sama, bila Anda mendaftar nama domain, pada dasarnya mengklaim ke bagian Web dengan membeli nama dan alamat untuk situs Anda. Sedangkan hosting untuk menempatkan dimana data akan disimpan sehingga setiap orang dapat mengaksesnya. Hosting umumnya memberikan biaya bulanan berdasarkan bandwidth dan kebutuhan.
 

Referensi:

digitaltrends.com