Note

6 Tips Mempercepat Koneksi Internet - Cara Memaksimalkan Kinerja Komputer

6 Tips Mempercepat Koneksi Internet - Cara Memaksimalkan Kinerja Komputer

Apakah koneksi internet Anda lelet? bagaimana cara memaksimalkan kinerja internet? koneksi internet yang lambat dapat membuang waktu menjadi sia-sia dan menempatkan komputer dalam kondisi yang berbahaya untuk dihancurkan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk memperbaiki atau meningkatkan koneksi Anda.

Cara yang sangat sederhana untuk meningkatkan kecepatan internet dan kecepatan loading halaman web, cukup ikuti panduan sederhana ini dan Anda akan menikmati kecepatan yang lebih baik.

1. Cek Kecepatan Akses Internet

Kadang mengapa internet lambat karena Anda hanya membayar untuk koneksi internet yang lamban. Cek kecepatan akses internet melalui speedtest.net, jika kecepatan akses internet sudah sesuai dengan kuota yang Anda gunakan berarti jaringan Anda bekerja dengan baik, maka upgrade kuota agar lebih cepat, namun jika tidak sesuai maka hubungi provider Anda.

2. Perbaiki Hardware Komputer

Periksa komputer lain yang terhubung internet di rumah Anda, lihatlah apakah koneksi mereka lamban, jika masalah hanya terjadi pada satu komputer maka pokok masalah terjadi pada hardware, periksa router atau modem menggunakan panduan lengkap untuk mengatasinya.

3. Perbaiki Sinyal Wi-Fi

Jika Anda menggunakan Wi-Fi dan menemukan router dan internet baik-baik saja, namum sinyal nirkabel lemah dan menyebabkan perlambatan. Dalam hal ini, Anda perlu reposisi dan meningkatkan router dengan beberapa trik. Periksalah mungkin terdapat masalah pada sinyal

4. Matikan Aplikasi dan Plugin Bandwidth-Hogging

Jika perangkat keras nampaknya bekerja dengan keras, lihatlah apakah ada program lain yang memonopoli sambungan, misalnya Anda sedang mendownload file dengan BitTorrent maka browsing web akan menjadi lambat. Blokir iklan, animasi dan video yang dapat melambatkan koneksi, setidaknya bisa membantu koneksi yang lambat merasa lebih bermanfaat.

5. Optimalkan Web untuk Koneksi Lambat

Saatnya optimalkan web browser ke koneksi lambat, nonaktifkan gambar pada browser, gunakanlah fitur seperti Opera Turbo. Gunakanlah browser lainnya seperti Google Chrome untuk mendapatkan koneksi yang lebih cepat

6. Cari Provider Baru

Jika ISP Anda tidak dapat membantu Anda karena kurang memberikan kecepatan yang Anda inginkan, atau karena pelayanan mereka yang mengerikan, saatnya untuk menemukan ISP baru. Anda perlu beralih ke berbagai jenis penyedia, seperti kabel, DSL, satelit, atau fiber, namun sebelumnya Anda harus melakukan sedikit riset. Lihat panduan untuk memilih penyedia terbaik di wilayah Anda, dan pastikan mereka menyediakan jenis kecepatan yang Anda inginkan

Referensi:

lifehacker.com