Note

Microsite, Si Micro Yang Memiliki Efek Macro

Microsite, Si Micro Yang Memiliki Efek Macro

  • Yuniar
  • Lingkar9, 05 November 2016

Semakin berkembangnya teknologi tentunya akan sangat mempengaruhi hampir di semua aspek. Pengetahuan tentang teknologi informasi dirasa sangat penting untuk dimiliki setiap orang, terutama setiap inti dalam perusahaan. Salah satunya adalah bidang marketing.

Saat ini banyak perusahaan yang sudah melirik metode digital marketing untuk mempromosikan produknya. Salah satu bentuk digital marketing adalah dengan membuat sebuah microsite.

Apa itu Microsite?

Microsite atau sering disebut juga minisite adalah sebuah situs mini yang terdiri dari satu atau beberapa halaman dan dibuat untuk tujuan yang hanya sementara. Biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu produk tertentu, mempublikasi konten reguler, mengabarkan event atau promo yang sedang berlangsung. Microsite lebih berfokus pada fungsi konten di dalamnya sebagai alat promosi, branding, penjualan, layanan, atau kampanye.

Sebuah microsite tidak melulu memiliki website inti, tak jarang orang membuat microsite yang berdiri sendiri (tanpa website inti) dengan tujuan untuk mempromosikan suatu produk yang hanya sementara.

Microsite yang memiliki website inti biasanya memiliki domain URL terpisah. Perbedaan utama antara microsite dan website inti terletak pada tujuan dan kepadatan isi. Dibandingkan dengan website keseluruhan, microsite berperan seperti landing page. Microsite bisa saja milik individu, komunitas, organisasi, atau perusahaan.

Beberapa karakteristik untuk menciptakan microsite yang efektif:

1. Fokuskan pada satu topik

Pengguna menginginkan informasi yang mendalam tapi juga ingin mendapatkannya dengan cepat. Microsite memberikan alternatif untuk sebuah website yang sarat dengan konten asing (tidak relevan) dan tidak memenuhi kebutuhan yang tepat bagi pengguna. Dengan adanya microsite, Anda dapat memberikan informasi yang lebih mendetil yang terfokus pada satu produk. Anda mungkin ingin membawa kesadaran terhadap topik atau produk tertentu dan membuat pengguna terpanggil untuk bertindak (misalnya melakukan pembelian atau pendekatan terhadap produk).

2. Berikan informasi yang berkualitas

Ketika merancang microsite, pertimbangkan terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan Anda, ini akan membantu untuk memberikan informasi yang berkualitas bagi pengguna. Jika pengguna mengunjungi microsite Anda, mereka cenderung tertarik pada isinya, jadi sangat penting untuk memberikan  informasi yang berkualitas. Tetaplah fokus untuk membuat informasi yang efektif untuk mencegah kebingungan pada pengguna.

3. Buatlah desain yang kreatif dan menarik

Desain merupakan komposisi yang penting dalam sebuah website ataupun microsite. Dengan menampilkan desain yang menarik, ini akan menggambarkan produk Anda dalam gaya baru yang menghubungkan Anda lebih dekat dengan pengguna. Selain itu, interaksi yang mudah juga akan membuat pengalaman lebih menyenangkan dan bermanfaat bagi pengguna microsite Anda.

Berikut beberapa contoh microsite yang kami buat untuk klien:

SGAduSeru

SGAduSeru merupakan microsite yang kami buat untuk mempublikasi suatu event yang sedang diselenggarakan oleh MOMMIESDAILY.com. Anda dapat berpartisipasi dalam event tersebut dengan cara mengunggah foto tema liburan bersama keluarga yang berkaitan dengan Singapura serta beri alasan kenapa Anda ingin pergi ke Singapura. Bagi Anda yang beruntung, Anda berkesempatan untuk memenangkan Family Trip ke Singapura.

How Do I Look Asia

How Do I Look Asia adalah salah satu microsite yang kami buat untuk pendaftaran suatu event yang diselenggarakan oleh FREMANTLEMEDIA. Event ini mengenai bidang fashion, yang dimana How Do I Look Asia dapat membantu untuk menemukan fashion yang sesuai dengan kepribadian Anda. Namun saat ini pendaftaran sudah ditutup.

Dengan membuat microsite yang menarik dan berkualitas, Anda mendapat banyak keuntungan. Selain hemat budget dan waktu yang efisien, pengguna yang mencari sebuah produk juga dapat dipermudah untuk fokus dan mengenal sebuah produk hanya dengan satu kali klik saja.