Note

Google Penguin Update - 5 Hal yang Wajib Diketahui

Google Penguin Update - 5 Hal yang Wajib Diketahui

Google Penguin adalah sebuah nama kode pada Google algoritma yang pertama kali di luncurkan pada 24 April 2012. sebelum Google Penguin muncul, Google telah merilis beberapa rangkaian algoritma yang disebut Google Panda, yang muncul pertama kali pada Februari 2011.

Sejak Panda dan Penguin menargetkan dua isu yang berbeda, ini penting untuk mengetahui algoritma yang tepat yang melanda website kamu. Penguin menargetkan backlink yang tidak wajar dan spam. Keduanya algoritma ini akan diluncurkan secara berkala. Oleh karena itu, anda harus terus meningkatkan stratei SEO dan menyediakan konten berkuliatas tinggi. 5 Hal yang wajib diketahui tetang Google Penguin Update, yaitu:

Keyword Stuffing

Tindakan keyword stuffing disukai pada beberapa waktu yang lalu, tetapi dengan kehadiran Penguin, website yang melakukan tindakan ini akan terkena pinalti. Sebenarnya, apa saja yang termasuk keyword stuffing? Google mendefinisikan ini sebagai "praktek menempatkan kata kunci yang berulang-ulang dengan jumlah yang banyak pada website untuk memanipulasi ranking pada SERP (search engine result page) Google"

Intinya: Fokus pada membuat konten yang unik, konten berisi informasi berharga yang berguna untuk end-user pada situs kamu, dan hanya menggunakan kata kunci yang tepat dalam konteks topik halaman kamu.

Penggunaan Exact-Match Link Text secara Berlebihan

Salah satu kekhawatiran terbesar di kalangan SEO profesional ketika Google Penguin update muncul adalah pinalti dalam penggunaan optimasi link/anchor text yang berlebihan.

Apa yang telah menjadi praktek standar sehari-hari dan mempunyai pengaruh yang besar pada peringkat pencarian yang kemudian pinalti ini datang untuk mencari situs yang memiliki optimasi yang berlebihan.

Skema Link

Pada topik link adalah semua subjek yang mencakup tentang segala sesuatu yang dikenal dengan "link schemes". Ketika peringkat situs kamu muncul pada hasil pencarian google sebagian dilihat berdasarkan analisis pada situs lain yang menghubungkan link ke situs kamu, yang berdasarkan kuantitas, kualitas dan relevansi dari link ini, sebelum google pinguin update muncul, admin website dan SEO profesional telah mampu menggunakan taktik ini untuk membangun link yang tidak wajar dalam upaya mengelabui algoritma google.

Singkatnya : Fokus pada membuat link yang alami, menciptakan konten yang menawarkan informasi yang berharga dan kamu dapat menghasilkan link dari orang lain secara alami
Penggunaan Exact-Match Domains/URLs secara Berlebihan

Cara terbaik untuk meringkas domain/URLs yang tepat adalah dengan menyediakan domain/URLs yang sama persis dengan permintaan pencarian, yang juga merupakan taktik untuk mengelabui sistem untuk berpikir bahwa halaman situs kamu adalah hasil pencarian yang tepat.

Dengan adanya Google Penguin update, algoritma ini semakin cerdas dan pendekatan dalam kustom URls harus fokus kepada user. Tidak ada yang mengatakan bahwa kamu tidak bisa lagi memasukkan kata kunci ke dalam domain dan kustom pada halaman URLs, tapi berat mereka untuk membantu peringkat halaman situs telah berkurang. Oleh karena itu, buatlah sesederhana dan sebersih mungkin.

Rendahnya Kualitas Promosi Konten dan Blog Spam

Kami telah membahas topik ini beberapa kali dan ini adalah topik yang berulang kali dibahas pada industri pemasaran konten, tapi fokus kamu dalam membuat konten harus selalu difokuskan pada user, bukan pada mesin pencari. Sederhananya menciptakan konten dengan frekuensi sering dengan menyampingkan kualitas dan terobsesi dengan penggunaan kata kunci yang berlebihan atau bagaimanapun kamu mempromosikan situsmu tidak akan bekerja jika kamu membuat konten dengan kualitas rendah yang tidak berbobot.

Banyak ahli SEO setuju bahwa Google Penguin update hanya merupakan kata-kata resmi untuk mengambil tindakan terhadap orang-orang yang mencoba untuk menipu sistem dan melakukan praktek promosi link yang tidak wajar. Pemilik website harus memeriksa akun Google Webmaster untuk setiap pesan dari Google mengenai peringatan tentang potensi pinalti. Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap pinalti Google Penguin update termasuk :

  • Keyword stuffing pada internal/eksternal links
  • Blog Spam
  • Rendahnya kualitas pemasaran artikel
  • Penggunaan exact-match domains yang berlebihan
  • Link yan berlebihan dari website yang kualitas buruk
  • Penggunaan internal linking yang agresif
  • Inbound link yang tidak wajar
  • Link berbayar
  • Link hasil pertukaran.
     

Referensi :
- business2community.com
- Wikipedia.com
- spamhuntress.com