Note

Cloud Apps Untuk Memuluskan Marketing Campaign

Cloud Apps Untuk Memuluskan Marketing Campaign

Sukses tidaknya menjalankan marketing campaign itu tergantung dari banyak faktor. Goal setting yang realistis, organisasi, komunikasi, eksekusi, dan selalu terukur akan sangat berperan. Untungnya sekarang ini ada Cloud Apps yang sangat ideal untuk mempersingkat marketing campaign dan memantau progress-nya. Apa saja sih, manfaat dan peran Cloud Apps?

Cloud Apps berperan dan berfungsi sebagai:

Penyimpan Data
Kemampuan dalam menyimpan data secara aman adalah bagian paling menguntungkan dari Cloud Apps. Anda bisa menyimpan berbagai jenis data dan bisa dengan mudah mengaksesnya jika perlu, tanpa kekhawatiran hilang atau rusak. Relatif aman karena hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang dengan username dan password.

Kenyamanan
Koordinasi atas beberapa orang dalam sebuah campaign, memungkinkan setiap orang (yang berwenang) dapat dengan cepat mengakses informasi yang dibutuhkan, dari mana pun. Misalnya, satu orang bertanggung jawab atas SEO, satu untuk social media, dan satu lagi untuk email marketing. Dengan ketersediaan Cloud Apps di peranti mobile, anggota tim pun bisa menyelesaikan tugas di jalan dan meningkatkan produktivitas.

Hemat Biaya
Aplikasi yang murah, bahkan gratis, ini adalah solusi hebat untuk bisnis kelas kecil dan menengah yang beranggaran terbatas. Banyak penyedia Cloud Apps yang mengenakan basis pay-as-you-go, jadi pengguna hanya membayar selama perlu/memakai saja. Selain itu, update dan upgrade biasanya sudah bagian dari paket, sehingga tidak perlu membayar biaya tambahan.


Dan mari kita tengok produk Cloud Apps yang popular di pasaran:

Google Drive
Ini banyak disukai karena sederhana, efektif, dan bebas. Sangat mudah digunakan untuk membuat dokumen, spreadsheet, folder, bentuk, gambar, dan presentasi. Proyek dapat disimpan sesuai judul, tanggal terakhir diubah, dibuka atau diedit untuk organisasi yang efisien. Platform ini juga sangat intuitif dan dapat dipelajari dengan cepat. Salah satu fitur favorit adalah memungkinkan anggota tim untuk berkolaborasi secara bersamaan pada dokumen yang sama. Seluruh tim dapat melihat dan mengedit spreadsheet bersama.

HootSuite
Saat menjalankan social media marketing campaign, HootSuite ini adalah platform paling popular dan efektif. Anda dapat mengelola profil di Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Foursquare, Mixi, dan bahkan Myspace. Aplikasi ini memudahkan untuk memonitor keterlibatan pengguna dan progress dari campaign.
Sebagai gambaran, di Facebook, Anda dapat memantau feed dan mengoordinasi posting dengan mudah. Di Twitter, tweet bisa dijadwal, dan bisa melacak berapa jumlah mention dan favorit. Sementara dengan mengintegrasikan HootSuite dan Google+ memungkinkan untuk memantau circle, komentar, aktivitas pengguna, dan bisa lebih mengontrol apa yang akan di-share sehingga dampak ke campaign lebih maksimal.

Evernote
Jika Anda memiliki banyak ide, aplikasi ini bisa sangat membantu. Selama sesi brainstorming, Anda dengan mudah dapat membuat catatan, menyimpan gambar, situs-situs penting, file, foto dan dokumen dari satu lokasi. Kemudian Anda dapat mengaksesnya melalui komputer, tablet, atau smartphone dari manapun berada. Karena disimpan secara online, Anda tidak perlu khawatir tentang komputer rusak atau kehilangan data.
Anda bisa berbagi catatan dan bisa memanfaatkan fitur pencarian informasi yang cepat melalui tag. Aplikasi ini sangat ideal untuk tim pemasaran kecil yang perlu dengan cepat berbagi informasi dan meningkatkan produktivitas.

Asana
Bicara tentang deadline atau tenggat  yang ketat, aplikasi ini akan bisa diandalkan. Asana adalah aplikasi produktivitas yang memastikan bahwa setiap anggota tim menyelesaikan tugas tepat waktu. Melalui Asana dan email, informasi sensitif dapat dikirim dan diterima dengan cepat. Karena dapat melihat tugas dan prioritas anggota tim lain, hal ini dapat mengurangi waktu yang terbuang di rapat. Yang berada di belakang proyek pun akan tahu dan dapat mengambil langkah yang diperlukan. Seperti aplikasi lain, Asana dapat digunakan pada berbagai perangkat mobile

 

Referensi:
smallbiztrends.com dan techi.com