Note

Cara Mudah Upload Foto dan Gambar ke Google Image Search

Cara Mudah Upload Foto dan Gambar ke Google Image Search

Google Images adalah kumpulan gambar yang ditemukan di situs website. Ketika melakukan pencarian untuk gambar tertentu, seperti "Agnes Mo", maka Google melakukan pencarian pada website yang memiliki deskripsi yang tepat dan akan menampilkan ribuan gambar yang sesuai dengan kata kunci yang dicari

Untuk menampilkan gambar Anda pada Google Images sangat mudah dilakukan, sedangkan untuk mengunggah foto pada hasil pencarian Google image, tidak dapat dilakukan dengan cara langsung mengupload foto ke Google, oleh karena itu letakkanlah gambar Anda pada sebuah website sehingga Google dapat menemukannya.

Berikut ini adalah cara memasukan foto ke google

1. Buatlah nama gambar sesuai dengan kata kunci yang diinginkan

Jika Anda mempunyai foto agnes, maka berilah nama pada foto itu menjadi agnes-mo.jpg, ini berfungsi untuk mempermudah robot Google mendeteksi gambar.
 

2. Posting gambar Anda ke situs website

Tempatkan gambar Anda pada sebuah situs web dan tunggu hingga Google melihat gambar Anda, selanjutnya Google akan memasukkan gambar Anda dalam database pencarian Google Images, pastikan Anda memiliki beberapa teks deskriptif terkait dengan gambar sehingga Google memahami kata kunci apa yang berhubungan dengan gambar tersebut. Idealnya Anda harus mengisi tag ALT gambar.

Jika Anda ingin foto atau gambar muncul di hasil pencarian Google Images, Anda perlu memposting gambar pada sebuah situs web, namun jika Anda tidak memiliki sebuah website, berikut adalah beberapa layanan hosting konten yang dapat Anda gunakan gratis:

  • Upload foto Anda ke jaringan sosial seperti Google+
  • Tambahkan gambar ke blog menggunakan Blogger
  • Buat website Anda sendiri dengan menggunakan Google Sites
     

3. Pastikan gambar yang Anda posting dapat diakses oleh umum

Dengan meposting gambar pada situs publik dan mudah dicari, akan memungkinkan Google untuk menemukan gambar Anda dan menambahkannya ke indeks Images. Ketika Anda meng-upload gambar, pastikan bahwa halaman web yang berisi gambar Anda dapat diakses oleh publik. Misalnya, jika Anda memposting foto di Google+, pastikan pengaturan privasi adalah Umum.
 

4. Tunggu dan lihat hasilnya

Tunggu beberapa hari dan coba cari gambar Anda. Ini dapat berlangsung beberapa menit hingga beberapa bulan agar gambar Anda dapat muncul di Google Images tergantung pada berapa sering Google mengindeks situs Anda.
 

Tips untuk membantu agar gambar Anda muncul dengan cepat

Untuk membantu gambar Anda muncul dalam hasil pencarian Google, ikuti praktek terbaik dibawah ini, yaitu :

Sertakan teks deskriptif. Sertakan teks deskriptif di suatu tempat dekat gambar seperti "alt" tag atau caption. Hal ini membantu Google memahami gambar yang relevan.

Upload foto berkualitas tinggi. Konten gambar yang besar adalah cara terbaik untuk membangun lalu lintas ke situs Anda.

Bersabarlah. Gambar yang Anda upload ke web tidak akan langsung muncul dalam hasil pencarian. Anda harus menunggu sampai situs Anda diindeks oleh Google sebelum gambar Anda muncul.

Uploadlah foto pada Google+ dengan menggunakan nama profil pada Google+ sesuai dengan kata kunci yang diinginkan.


Reference :

Google