Note

Tips Trik Cara Membuat Animasi Gif Menggunakan GIMP

Tips Trik Cara Membuat Animasi Gif Menggunakan GIMP

Gambar animasi bentuk GIF adalah cara yang tepat untuk menarik perhatian pengunjung situs blog Anda, efektif dalam iklan banner, atau hanya untuk membuat orang lain tertawa dengan animasi yang lucu-lucu. Namun tidak banyak program editing GIF yang bagus tersedia secara gratis.

Untungnya terdapat tool yang ampuh untuk membuat animasi GIF yang tidak dikenakan biaya alias gratis yaitu GIMP sofware editing gambar tidak berbayar yang populer, yang memiliki kemampuan untuk membuat animasi GIF. Berikut ini adalah langkah-langkah dan petunjuk yang sederhana untuk pemula tentang cara membuat animasi GIF di GIMP.

Langkah 1 : Mulai Menggunakan GIF

Dalam tutorial ini, kita akan membuat gambar yang sederhana. Sebelum memulainya Anda harus sudah mempunyai software GIMP yang tersedia di internet untuk didownload.

Mulailah dengan menekan File kemudian tekan New. Buatlah gambar 300 pixels lebarnya dan 100 pixels tingginya. Selanjutnya menuju Text Tool pada Toolbox. Digambarkan dengan icon 'A' dikanan Toolbox.

Selanjutnya klik di sudut kanan atas gambar, maka akan membuka jendela kecil yaitu GIMP text editor. Lalu Ketikkan kata "This".

Lalu ke Layer dan klik Duplicate Layer. Gunakan editor teks untuk menyertakan kata "is" setelah "This." Gandakan layer dan kemudian ketik kata baru, "how." Lanjutkan proses ini sampai Anda memiliki seluruh kalimat "This is how you make a .GIF image" Jangan khawatir tentang kata-kata sempurna karna ini hanya tes saja.

Langkah 2 : Membuat Animasi

Anda sekarang telah memiliki gambar text berbentuk GIF dengan berbagai lapisan. Ini adalah dasar yang Anda butuhkan untuk membuat Animasi GIF dengan GIMP, tapi ini saja belum selesai. Sekarang, Anda baru mempunyai gambar yang menampilkan teks saja.

Pertama, mari kita lihat animasi dasar GIF dengan cara klik Filters > Animation > Playback. Klik Play di kiri atas, maka animasi GIF akan memutar cukup cepat.

Gambar GIF ini terlalu cepat, pasti Anda menginginkan menjalankan text ini dengan perlahan, ada dua cara untuk melakukannya

Langkah 3 : Memanipulasi Gambar GIF

Cara termudah untuk mengubah waktu pergerakan text agar lebih lambat adalah ketika Anda sedang membuat gambar GIF. Yaitu klik File kemudian Save As, ketika Anda menyimpan gambar pastikan Anda menambahkan .gif pada akhir penamaan file. Kemudian akan ada box yang akan menanyakan apakah Anda ingin meratakan lapisan dalam gambar atau mengkonversikannya ke animasi. Klik pada pilihan untuk mengkonversikannya ke animasi.

Layar berikutnya akan tampil sebuah opsi bernama Delay antara frame yang tidak ditentukan dan kolom nomor. Ubah bidang ini dari 100 menjadi 400 dan klik Save.

Lebih mudah dibaca bukan?

Namun, Anda dapat menentukan jarak per frame pada .GIF sesuai kebutuhan. Jika Anda memutuskan untuk mengubah jarak frame caranya adalah mengedit layers, klik Windows > Dockable Dialogs > Layers. Maka akan muncul jendela layers.  Setiap lapisan dalam file GIF.Akan ditampilkan di sini. Klik kanan pada lapisan pertama, yang disebut 'This', dan klik pada Edit Layer Attributes. Ketik pada text (100ms) setelah kata 'This', kemudian klik Oke.

Lakukan ini untuk setiap lapisan setelah kata-kata, tetapi tambahkan dengan 100 setiap kalinya. Sekarang simpan file sebagai GIF, Dan pastikan bahwa lapisan disimpan sebagai animasi. Anda akan berakhir dengan GIF yang setiap kata muncul lebih lambat dari yang sebelumnya.

Ini adalah dasar-dasar yang perlu Anda ketahui dalam menciptakan gambar .GIF dengan GIMP. Dengan memanipulasi waktu setiap lapisan, Anda dapat membuat gambar yang lebih rumit. Buatlah gambar GIF yang sesuai dengan kebutuhan anda. GIMP dapat menangani gambar animasi Anda butuhkan tanpa masalah.

Referensi :

makeuseof.com