Note

Apa sih UI / UX itu? Yukk Mengenalnya Di sini!

Apa sih UI / UX itu? Yukk Mengenalnya Di sini!

Apa sih yang membuat Anda jatuh cinta terhadap suatu website atau aplikasi? Tampilannyakah atau penggunaan yang nyaman dan tidak rumit? Nah, di balik pertanyaan itu ternyata ada faktor agar membuat suatu website atau aplikasi terlihat cantik dan menarik serta penggunaan yang nyaman dan tidak rumit yaitu User Interface (UI) dan User Experience (UX) di dalam pembuatannya. Tahukan Anda UI dan UX itu apa? dan tahukah perbedaannya? Berikut penjelasannya.

Apa itu UX (User Experience)?

User Experience sendiri adalah proses untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas user dengan cara meningkatkan kegunaan, kemudahan user, dan kesenangan yang disediakan dalam sebuah website atau aplikasi yang menimbulkan interaksi antara user dan website atau aplikasi itu sendiri. Di mana hal ini UX designer akan bertanggung jawab terhadap sisi experience yang dialami oleh user pada saat berinteraksi dengan sebuah webite atau aplikasi yang menggunakan berbagai macam interface (antar muka). Apa yang dirasakan oleh pengguna saat interaksi tersebut berlangsung, seperti perasaan senang, kemudahan yang dirasakan, perasaan puas setelah berinteraksi, perasaan puas karena website atau aplikasi memberi solusi terhadap permasalahan yang dimiliki pengguna, dan perasaan positif lainnya.

Contoh, pada saat user ingin membeli suatu produk dan kemudian mengunjungi sebuah e-commerce, apakah user akan merasa mudah terhadap prosedurnya atau justru terlalu rumit yang dimulai dari pendaftarannya, pembayarannya dan dll sehingga user merasa mudah dan puas. Hal inilah yang harus diperhatikan oleh seorang UX designer.

Seperti apakah kongkritnnya tugas dari seorang UX designer? Berikut ini tahapan pekerjaan dari seorang UX designer:

1. Analisis

Tahapan pertama ini adalah analisis, di mana seorang UX designer akan melakukan analisis-analisis terhadap kompetitor serta user, hal ini tak lain dan tak bukan bertujuan untuk menambah wawasan sebagai bahan pembuatan struktur produk serta konten. Setelah analisis tersebut selesai barulah desainer memutuskan design seperti apa yang sesuai dengan user dari hasil analisis yang didapat.

2. Wireframing dan Prototyping

Bermodalkan hasil data dari analisis di atas, UX designer akan mulai membuat sebuah rancangan wireframe atau mock-up atau bisa dibilang kerangka desain dan prototype untuk membuat website atau aplikasi tersebut. Hal ini tidak sampai di sini karena setelah proses pembuatan desain Anda akan mengalami beberapa pengulangan (Iteration), karena pada tahap ini akan ada masukan design yang selanjutnya akan diimplementasikan ke dalam desain dalam bentuk revisi.

3. Eksekusi

Setelah melakukan pembuatan wireframing dan prototyping, tahap selanjutnya UX designer akan berkoordinasi dengan UI designer untuk mengeksekusi atau memproduksi hasil dari tahap wireframing. Di mana pada saat inilah wireframe tersebut disempurnakan dengan memberi warna, tipografi, image dan elemen design lainnya sehingga didapatkanlah final design yang dinamakan high fidelity yang selanjutnya akan dikembangkan menjadi website atau aplikasi oleh seorang developer.

Nah, intinya UX itu adalah pengalaman disisi pengguna saat berinteraksi dengan interface (antar muka) atau bahasa yang lebih mudahnya yaitu proses pembuatan sebuah website atau aplikasi yang dibuat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh user. Yang mana pengguna akan merasa senang, kemudahan yang dirasakan, perasaan puas setelah berinteraksi, perasaan puas karena web atau aplikasi yang dikunjunginya memberikan solusi terhadap permasalahan yang dimiliki pengguna.

Apa itu UI (User Interface)?

UI merupakan seluruh tampilan sebuah produk dilihat dan ditata dari antarmuka pengguna (User). Produk di sini merupakan sebuah website atau aplikasi.

Pembuatan UI dikerjakan oleh seorang User Interface Designer di mana pekerjaannya tidak jauh berbeda dengan web designer, namun web designer hanya mengerjakan pekerjaan website saja sedangkan UI designer mencakup interface aplikasi smart phone atau software interface. Di mana hal ini, UI designer mendesain berbagai macam tampilan untuk berbagai ukuran layar, yang tentunya ini cukup sulit mengingat semakin beragamnya gadget dengan berbagai macam ukuran layar.

Nah, seperti apakah tahapan pekerjaan UI itu sendiri?

1. Tahapan Pertama

Seorang UI designer akan menganalisis klien mulai dari kemauan desainnya seperti apa sampai gaya desainnya seperti apa. Setelah itu, UI designer akan mencari desain yang sesuai dengan kemauan klien. setelah mencari dan menemukan desain yang pas dan cocok untuk klien, selanjutnya UI desainer akan membangun sebuah website dalam bentuk grafis yang mana UI designer akan membuatnya seperti alur dimana hal ini menggambarkan suatu alur dari kegiatan user nantinya.

2. Tahap Kedua

Setelah melakukan semua di tahap satu, UI designer akan membuat UI Prototyping dan Interaktivitas dan Animasi yang nantinya akan diterapkan di dalam website. Setelah melakukan hal tersebut, UI designer akan melakukan pengadaptasian desain untuk seluruh ukuran layar device mulai dari desktop, smartphone, table dan lain-lain serta UI designer akan melakukan pengimplementasian dengan developer yang nantinya hasi UI dalam bentuk grafis tersebut akan dirubah mejadi tampilan hasil coding.

Bagaimana sudah tahukan perbedaan dan tahapan kerja UX dan UI seperti apa? Dan rupanya UX dan UI ini pun sudah menjadi suatu profesinnya menarik apakah Anda tertarik juga untuk mendalaminya? Silakan pelajari lebih lanjut. Selamat belajar!